Minggu, 19 November 2017

GREEN SCHOOL FESTIVAL



Green School Festival merupakan sebuah kegiatan lomba yang diikuti oleh seluruh sekolah. Salah satu sekolah yang turut mengikuti lomba tersebut adalah salah satu sekolah katolik swasta favorit di Malang, yaitu SMPK Santa Maria II Malang. Sekolah yang sering disapa dengan nama SMP Panderman ini sudah mulai mempersiapkan lomba GSF sejak bulan oktober lalu. Persiapannya dimulai dengan rapat para dewan guru dan kepala sekolah. Kemudian, dilanjutkan dengan kegiatan pengamatan di beberapa tempat di sekolah. Hal ini dilakukan untuk mengetahui kekurangan apa yang perlu diperbaiki ataupun ditingkatkan.

Setelah dilakukan pengamatan di seluruh sudut di sekolah, ada beberapa issue atau masalah yang ditemukan. Issue-issue tersebut berupa masalah kebersihan kamar mandi, keran air yang terkadang masih macet, terdapat sanpah-sampah yang masih berserakan, penggunaan listrik, seperti lampu, kipas angin, LCD, dan peralatan listrik lainnya yang ada di sekolah. Selain itu, masih banyaknya penggunaan plastik terutama pada kantin dan kurangnya tanaman hijau yang membuat lingkungan sekolah kurang indah dan penataan tanaman yang masih kurang rapi. Setelah menemukan issue-issue tersebut, sekolah dengan segera melakukan perbaikan dan peningkatan pada hal-hal tersebut.

Dalam melakukan perbaikan, sekolah mengubah beberapa item seperti tong sampah yang semulanya hanya 1, kini tong sampah menjadi ada 3 di setiap depan ruang kelas. Tong sampah tersebut dibedakan menjadi sampah organik, sampah untuk anorganik, dan sampah untuk benda-benda beracun. Selain itu, sekolah membuat poster yang bertuliskan 'SAVE ENERGY, TURN OFF THE LIGHT' dan poster ini dipajang pada setiap dinding di setiap kelas. Hal ini dilakukan untuk mengurangi adanya pemborosan energi listrik. DI samping itu, dalam hal makanan dan minuman yang dijual di kantin sekolah, mulai diadakannya program untuk mengurangi plastik sebagai bahan pembungkus makanan dan minuman. Saat ini, kantin sudah tidak menggunakan lagi plastik sebagai pembungkus makanan dan minuman. Kini, yang digunakan untuk membungkus makanan adalah kotak kardus, berkurangnya penjualan minuman dengan botol plastik, kecuali CLEO, juga sudah tidak lagi dijual makanan-makanan ringan yang berbungkus plastik, seperti BENG-BENG, YUPI, dan lain-lain. Saat ini, makanan-makanan tersebut sudah diganti dengan makanan-makanan khas kuliner di Indondesia, seperti kue lumpur, sus, risoles, klepon, terang bulan, dan masih banyak lagi lainnya. Sekolah saat ini juga sudah tidak lagi memkai sendok plastik untuk makan, namun sekolah menyediakan penyewaan sendok logam bagi yang membeli makanan di kantin dengan uang jaminan sebesar Rp 2.000,00.

Untuk masalah kebersihan, terutama pada bagian toilet dan kebersihan kelas, sekolah sudah sering mengingatkan para muridnya untuk selalu membuang sampah pada tempat, tidak membuangnya di lapangan atau di galeri TK, di laci meja, dan di lorong-lorong kelas, juga sudah sering mengingatkan untuk selalu menyiram toilet setelah buang air. Hal ini sudah sering dilakukan untuk mewujudkan toilet dan kebersihan kelas juga lingkungan sekolah. Selain kebersihan, sekolah juga meningkatkan keindahan dan kerindangan lingkungan. Sekolah sudah menambah tanaman hijau yang ada di taman-taman, menuliskan nama setiap tanaman di suatu papan kecil yang diletakkan di dekat tanaman tersebut, dan lain-lain. Kini sekolah SMPK Santa Maria II Malang terlihat bersih, indah dan rapi.

Dalam rangka perlombaan ini, sekolah juga membuat yel-yel untuk mendukung kegiatan GSF ini, juga membuat pakaian yang dibuat dari barang-barang bekas, seperti kertas, bungkus deterjen, bungkus minuman, koran, dan lain-lain. Dalam hal penyambutan para juri yang datang pada tanggal 6 November lalu, terdapat penyambutan dengan tari Topeng, kemudian dilanjutkan dengan yel-yel GSF di lapangan sekolah serta disambut lagi oleh persembaha dari ekstrakurikuler Modern Dance. Kemudian, dilanjtkan dengan penilaian terhadap dewan juri  yang dilaksanakan di ruang kegiatan dan pengenalan issue-issue yang ditemukan.

Semoga artikel ini bisa bermanfaat !

0 komentar:

Posting Komentar

SMPK SANTA MARIA II MALANG

PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU TAHUN PELAJARAN 2018/2019 VISI : SMPK Santa Maria II setia mewujudkan pendidikan yang beriman, bersaudara,...